Tentang Beasiswa Monbusho

Posted: 22 April 2010 in Monbusho Scholarship
Tags: , ,

Punya mimpi sekolah ke luar negeri? Ke Jepang misalnya. Masih merasa ‘tidak mungkin’? Well, give me some good reasons for that! Tidak punya biaya? Tidak bisa bahasa Jepang? Takut tidak cukup pintar untuk sekolah di sana? Takut tidak bisa berkompetisi di sana? Takut hidup jauh dari ‘rumah’ (oh… please!)?

Untuk alasan yang diawali kata “takut”, saya tidak bisa bantu. Sorry, that’s your own problem! Cuma kalian yang bisa mengatasinya. Dan satu-satunya jawaban yang bisa saya sarankan : be brave!

Tapi untuk alasan pertama, saya punya jawaban bagus: carilah beasiswa dan buatlah diri kalian pantas untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Tidak perlu jadi seorang jenius untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang. Tidak perlu gelar juara umum sekolah atau juara olimpiade sains tingkat nasional supaya bisa mendapatkan beasiswa ke Jepang. No! You don’t have to be the smartest student at your school to get the scholarship. All you have to do is to be smart enough.

Pada dasarnya banyak sekali pemberi beasiswa yang memberi kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang, misalnya beasiswa Panasonic, beasiswa Dikti, beasiswa Mitsui, beasiswa Monbukagakusho (Monbusho), dll. Tapi di sini saya hanya akan membahas mengenai beasiswa Monbusho, karena untuk beasiswa yang lainnya, saya juga tidak tahu lebih banyak dari kalian. Untuk beasiswa Monbusho pun saya hanya akan membahas beasiswa bagi lulusan SMA, mengingat sedikitnya info mengenai beasiswa Monbusho bagi para lulusan SMA (kebanyakan artikel membahas tentang beasiswa S2 Jepang).

Apa itu beasiswa Monbusho?

Beasiswa Monbusho adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT) bagi para pelajar di negara-negara berkembang  yang berminat mengenyam pendidikan di Jepang. Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun. Program-program yang ditawarkan beasiswa ini antara lain Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Bagaimana cara melamar beasiswa Monbusho?

Pendaftaran beasiswa Monbusho bagi lulusan SMA biasanya dibuka pada minggu terakhir bulan Mei dan ditutup pada minggu terakhir bulan Juni. Misalnya, untuk keberangkatan tahun 2010, pendaftaran dibuka tanggal 25 Mei 2009 dan ditutup pada tanggal 24 Juni 2009. Untuk persyaratan dan cara melamar beasiswa lebih jelasnya bisa dilihat di website Kedubes Jepang: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

Bagaimana cara penyeleksian beasiswa Monbusho?

PRASELEKSI (seleksi dokumen): praseleksi dilakukan berdasarkan nilai ijazah dan rapor. Rata-rata nilai minimal untuk keberangkatan tahun 2010:

  • Undergraduate (S1) ==> 8,4
  • College of Technology (D3) ==> 8,0
  • Professional Training College (D2) ==> 8,0

Bagi mereka yang lolos praseleksi akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan pada bulan Juli.

Pertanyaannya, apakah jika nilai kita memenuhi atau bahkan melebihi rata-rata nilai minimal kita dijamin lolos praseleksi? Entahlah, saya tidak bisa memberi jawaban pasti tentang itu. Pada beberapa kasus, mereka yang memiliki nilai lebih dari rata-rata pada akhirnya tidak dipanggil untuk ujian tertulis. Saya tidak tahu pasti apa alasannya mereka ditolak. Tapi berdasarkan pengalaman saya, saya menyarankan kalian yang sudah memenuhi syarat rata-rata nilai agar berhati-hati saat memilih jurusan. Saya tidak menyarankan para pelamar beasiswa S1 mengambil jurusan kedokteran atau kedokteran gigi (tapi, yah, apa salahnya mencoba). Dan bagi pelamar beasiswa D3 agar memiliki nilai fisika/kimia yang lebih dari syarat nilai minimal 8,00.

UJIAN TERTULIS: bagi yang lolos praseleksi akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis pada bulan Juli (panggilan ini biasanya pada pertengahan Juli). Oleh karena itu, saya sarankan kalian yang mengikuti beasiswa Monbusho agar membuat diri kalian semudah mungkin untuk dihubungi pihak Kedubes.

Jangka waktu dari panggilan sampai dengan pelaksanaan ujian tertulis biasanya adalah dua minggu. Persiapkanlah diri kalian selama waktu ini dengan sebaik-baiknya. Menurut seorang bijak, salah satu cara untuk memenangkan pertempuran adalah dengan menguasai medan yang akan dihadapi dengan baik. Jadi, salah satu persiapan terbaik untuk menghadapi ujian tertulis beasiswa Monbusho adalah dengan mempelajari soal-soal tahun sebelumnya. Soal-soal ujian tulis Monbusho sekaligus jawabannya bisa dilihat di website study-in-japan.

WAWANCARA: satu bulan selang pelaksanaan ujian tertulis, mereka yang lolos ujian tulis akan dipanggil ke Kedubes  Jepang di Jakarta untuk  mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu wawancara.  Sebelum wawancara, para peserta  akan disuguhi tes tulis bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Bagi yang tidak bisa bahasa Jepang, tidak perlu khawatir, waktu zaman saya hanya 1 orang yang mengisi ujian tulis bahasa Jepang, yang lainnya keluar  setelah duduk-duduk 15 menit di ruang ujian. Tapi karena itu, just do the best for English test!

Wawancaranya tidak sulit. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia. Tidak ada pertanyaan-pertanyaan sejenis “siapa perdana menteri Jepang sekarang; siapa dubes Jepang untuk Indonesia; 1 yen berapa rupiah” atau pertanyaan-pertanyaan ala kuis lainnya. Lalu, apa saja hal yang ditanyakan selama wawancara? Well, the questions are all about you: motivasi dan impian yang dimiliki, level kemandirian, dan pertanyaan-pertanyaan trivia lainnya tentang kalian. That’s it. Wawancara selesai. Besoknya, mereka yang lolos wawancara akan dihubungi oleh  pihak Kedubes untuk secepatnya mengurus dokumen-dokumen yang akan dikirimkan ke Jepang.

TAHAP AKHIR: TAHAP MENUNGGU. Inilah tahap yang menurut saya paling berat jika dibandingkan dengan tahap-tahap lainnya, karena pada tahap ini, kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi selain menunggu. Bagian yang sangat menyebalkan. Tahap menunggu ini terasa sangat panjang, dimulai dari bulan September dan berakhir pada awal Januari yaitu ketika pengumuman penerima beasiswa sampai ke telinga kita.

-THE END-

Ganbatte kudasai, minna-san! Jangan pernah menyerah ya. Jalan untuk menggapai cita-cita tidak ada yang mudah, semuanya perlu pengorbanan dan kerja keras. Memang akan ada saat-saat di mana “berhenti” atau “menyerah” menjadi pilihan yang menggiurkan. Akan tetapi, pada akhirnya kalian akan bersyukur karena kalian tidak menyerah, apapun hasilnya: berhasil ataupun gagal. Karena kesuksesan sebuah perjuangan mencapai cita-cita dinilai bukan hanya dari hasilnya tapi juga dari seberapa besar kita telah berkembang menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

“After many efforts, win or not, we’ll definitely become a stronger person.”

–madhand

Advertisements
Comments
  1. achan says:

    saya mau tanya.
    saya lulusan smk, menurut anda apa ada kesempatan?

    saya sedang dalam tahap pembulatan tekad.. .
    seperti yang anda bilang diatas,mengenai rasa takut saya rasakan.
    saya merasa takut, tapi mimpi saya mengalahkan rasa takut saya.

    Yaitu mimpi untuk belajar di Jepang.

    • madhand says:

      tentu saja. beasiswa s1/d3/d2 ini adalah untuk lulusan SMA dan sederajat. selama syarat nilai dan umur terpenuhi, setiap siswa akan dapat peluang yg sama: siswa SMA atau SMK, sekolah unggulan atau bukan, sekolah di pusat kota atau di pinggiran, semuanya diberi kesempatan yg sama.

      rasa takut itu pasti ada. rasa takut gagal – takut terluka.
      “Courage is not the absence of fear, but rather the judgment that something else is more important than fear.” ~ Ambrose Redmoon

      gw juga pas mau daftar beasiswa ini tahun lalu, takut – bimbang, apalagi tahun sebelumnya gw pernah gagal monbusho dan kampus gw sebelumnya dah nyaman bgt, tapi mau gimana lagi, impian dari kecil sih jadi ikutan lagi dan akhirnya sekarang bisa kirim komen ini dari tokyo. 🙂

  2. achan says:

    saya akan ingat kata-kata ini
    “Courage is not the absence of fear, but rather the judgment that something else is more important than fear.” ~ Ambrose Redmoon
    kata-kata yg hebat ^^

    ok.
    kalu begitu saya akan terus maju kedepan. sekarang saya agak kesulitan menentukan jurusan apa yg akan saya ambil.(punya saran ka?)
    Tapi mungkin selama proses itu saya akan membaca blog anda ini, karena bisa menambah motivasi untuk terus bermimpi ,,..hhehe

    terus menulis ya ka..

    arigattou -.-

    • madhand says:

      emangnya mau ikutan program apa? S1/D3/D2?
      buat gambaran aja, angkatan 2010 beasiswa S1 yg dapet 5 orang, D3 22 orang, D2 7 orang. angkatan sekarang memang jauh lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. prestasi senpai-senpai yg keren banget kayaknya jadi salah satu faktor kenapa banyak anak D3 Indonesia yg diterima. dan sebagian besar anak D3 jurusannya itu yg berhubungan dgn kimia/biologi.

      urusan milih jurusan sih gimana minat lw dan nilai lw mana yg lebih bagus.

      hehe. arigatou ne ^^
      jadi semangat nulis nih…

  3. achan says:

    um, mgkn bkal ambil D3 atau D2,coz..kyakx ak snggupx dsitu
    C:

    .nah kmaren,wkt smk ak ambil jurusan IT, ak s tertarik computer grapich ka,tp,,..agak ragu gitu..

    .ka,request tulisan tentang kegiaTan kaka dsana dum,..

  4. achan says:

    ka, mau tanya..
    kan di persyaratan surat lamaran harus menyantumkan “program studi yang di inginkan dan 3 bidang studi yang ingin di pelajari”

    maksudnya bagaimana ya..?
    agak rumit yang ” 3 bidang studi yang ingin dipelajari”

    apa bisa diberi contoh?

    mohon bantuanya ya ka,..
    terima kasih

  5. achan says:

    ok…

    arigatou…
    ^^

  6. Ade says:

    Ass, ka cara buat surat lamaranya gmn?Kasih contoh dnk,n tips biar lulus berkasnya.Sya mau nyoba yg d2 .Mkasi

    • madhand says:

      contoh surat lamaran udah gw posting di blog ini. “Love Letter” for Monbusho judulnya. Liat aja di sana.

  7. dame says:

    siang ka,
    untuk tahap wawancara S1 apakah juga ada tes english dan jepang nya sebelum wawancara ?

    apakah peserta wawancara sudah pasti direkomendasikan ke mext jepang nya?

    sebenernya saya kurang mengerti, waktu itu pernah dibilang bahwa penyeleksian ini secara internasional,
    apa yang diseleksi secara internasional ? tes tertulis atau apa ?

    terima kasih banyak yaaa, blog ini sangat membantu 🙂
    quote nya bagus bagus 🙂 🙂 🙂

  8. jac says:

    gw gagal ujian tertulis kemaren 🙂
    ambil s1 kedokteran 🙂
    awalnya gw drop setelah baca komen lw yang

    ” gw juga pas mau daftar beasiswa ini tahun lalu, takut – bimbang, apalagi tahun sebelumnya gw pernah gagal monbusho dan kampus gw sebelumnya dah nyaman bgt, tapi mau gimana lagi, impian dari kecil sih jadi ikutan lagi dan akhirnya sekarang bisa kirim komen ini dari tokyo. ”

    jadi semangat lagi buat nyoba taun depan 🙂

    arigatou 🙂

    • madhand says:

      sama-sama.
      yg penting jangan ‘cuman’ nyoba lagi, harus belajar kenapa yg sebelumnya bisa gagal. dan jangan pake cara yg sama kayak sebelumnya..
      semangat!

  9. sunardi says:

    aslm mas saya ardi dari sumut .medan mau tanya untuk tes tertulis lokasinya apa di consulat jendral jepang di kota masing masing ya…..?

  10. sunardi says:

    mas biasanya itu pesertanya banyak ngga sih…..? dan tips nya sukses ujian tertulis. selain yang mas beri tau soal soal.itu adah lagi ngga mas……
    tolong balas ya mas……thank you for you

    • madhand says:

      pertama, gw bukan mas-mas ya mas.
      trus, soal peserta kurang tahu. gw sih waktu itu daftarnya ke kedubes jakarta, pas tes di UI, ada berapa orang ya waktu itu, 200? waktu itu ga mikirin orang lain sih… jadi ga tahu berapa orang yang ikut. tapi klo medan pasti lebih dikit. yg jakarta kan dari macam-macam daerah.
      yg pasti soal jadi patokan gw buat belajar waktu itu. bukan buat dikerjain aja, tapi nunjukin bab apa yg harus gw pelajarin dan yg ga perlu gw pelajarin.

  11. sunardi says:

    saya mau tanya…..lg ya…..?
    kalo misalkan di ijaza nilai fisika,kimia.dan matematik di atas minimum….tapi mata ujian lainya di bawa 8 itu kira kira bisa ngga………?tolong jawab ya……..

  12. Zaky Prawira says:

    oiya, waktu ngasih nilai rata-rata rapot… kk rata-ratanya berapa??… terus sekarang lagi ambil jurusan apa ?? thanks

    • madhand says:

      ga tau dihitungnya kayak apa. waktu itu gw ngitung sendiri, yg nilai kognitifnya aja plus nilai praktek seni ma olahraga: 83.5
      yg penting lebih dari 80 rata-ratanya.
      ngambil biochemistry.

  13. cleftz says:

    setelah baca tulisan ini saya jd tamba semangat mau ikut monbusho untuk tahun 2012 nanti ( tahun ini baru lulus SMK )…
    tp saya mau tanya pas tes monbu itu kan ada tes Japanese nya tapi saya sama sekali blum paham cara baca huruf2 jepang… jd apa yang bisa saya lakukan untuk saat ini….

    • madhand says:

      ga ngerjain tes japanese jg gapapa. emang levelnya tinggi japanesenya. belajar hurufnya aja dulu. hiragana sama katakana, ngebantu bgt klo ke sini.

  14. karimamakusa says:

    kak, waktu nulis surat lamarannya pake bahasa Inggris apa Indonesia?
    terus di ketik atau tulis tangan..

    makasih 🙂

  15. dwie says:

    konbanwa ka..
    makasih buat infonya, jadi sekarang ada gambaranlah buat ikut monbusho taun depan..
    bdw, biasanya buat s1nya diambil berapa orang tiap tahunnya?
    soalnya basic sy cuma di biologi aja, jadinya buat ambil d3 nya kayaknya kurang mampu di kimianya,,
    thanks before 🙂

    • madhand says:

      sorry baru balas. baru mulai ngeblog lagi. pas angkatan gw, 2 taun lalu, s1 5 orang doang. angkatan sekarang ga tahu angka pastinya. Paling ga jauh-jauh dari situ. Masih ada 1 tahun, bisa belajar. Gw aja tadinya anak akuntansi.

  16. Linda Karmila Sari says:

    senpai, aku mau tanya, sama mau mnta pendapat ya,, aku kan pengen blajar ke jepang, di sekolah aku udah coba blajar bhs jpang, tapi yg bikin mslah itu, aku ga terlalu pandai bhs. inggris,,, tp q punya smangat bwt blajar bhs, inggris, biar bisa ikutan beasiswa ini… Tp, gmana caranya biar aq tetep fokus blajar bhs inggris, selagi aq blajar bhs. jepang….

    ya, mungkin teralu cepet aq berpikirnya, soalnya q msh kls 11, tp jujur q pengen nyiapinnya dr awal, karan q tau, q sndiri ga bs bhs, inggris…

    doa’akan ya senpai biar nilai yg didptkan semester akhir q dan nilai Uan bisa memenuhi syarat

    doumo senpai 🙂

    • madhand says:

      bagus dong klo punya semangat. caranya? fokusnya dibagi 2. udah terlatih kan fokusnya dibagi-bagi di sekolah, jam ini pelajaran ini, trus lanjut pelajaran lain. You`ll do well when you really want to.
      Bahasa Jepang sih ga usah jago-jago amat juga gapapa, gw juga mulai dari dasar di sini. tp klo udah punya basisnya di indo, bakal lebih gampang pas ke sini.
      amin…

  17. Linda Karmila Sari says:

    oke.2 maksih sarannya ya senpai….. hehehe 😀
    aq akan berusaha untuk cari modalnya dulu,,, yaitu nilai rapor akhir sama uan,,,, ganbarimashou…. 🙂

    ngomong2 … senpai nya jurusan apa..??

  18. Linda Karmila Sari says:

    oh, jurusan biochemistry ya,,,
    senpai nya ngambil progam beasiswa pa..?
    bochemistry itu belajar tentang apa ja…??
    gomen ne ,,, banyak nanya,,, hehehe :p

  19. Linda Karmila Sari says:

    oh, kyak mempelajari tentang misalnya, menditeksi tentang pencemaran sungai dengan indikataor mikroorganisme,, gt ya..??
    wah,, ganbatte ne,,, ya,,
    klo ga salah blajar nihongo nya satu tahun ya,,??

    • madhand says:

      bisa juga itu. sekolah gw sekarang, abis lulus bisa langsung kerja atau lanjut S1 tingkat 3. jurusan gw bisa kerja di perusahaan kosmetik, obat, perminyakan juga ada. mencakup banyak.
      iya, pas sekolah bahasa. dan terus lanjut sampai sekarang

      • Glens Nicholas says:

        Itu boleh ambil jurusan apa aja kalo s1 dan bebas pilih univ? Saya sih rencananya pengen ambil musik.. Trus nilai rata” rapot juga di itung? Ato UN aja? Ada yang blg UN aja. Kalo UN cukup banget (8.925) tapi kalo rapot sih kayaknya ga nyampe.. Saya lagi kuliah semester 1. Saya jenuh disini makanya mau ambil beasiswa.. Hehe. Kakak berangkatnya semester berapa? Kalo saya itung” sih saya berangkatnya kan awal 2015 ya kalo apply taun depan, udah semester 4 .. Ketuaan ga sih? Hahaha. Anyway thanks for the information. I really want to study there. Like, it’s my dream dude.. 🙂

  20. Linda Karmila Sari says:

    wah,,, keren senpai,,, omoshiroii desu ne,, 😀
    trus, jurusan d3 yg lain itu apa ja ..??
    Oh, jadi blajar nihongo nya tu lebih dari satu tahun ya,,, 🙂

    • madhand says:

      bisa diliat di website kedubes jepang, soal jurusan-jurusannya.
      sekolah bahasa sih cuman setaun, tp kan ga berhenti smp di sana.. harus trus belajar lg. ga cukup setaun, bahasa inggris aj sepuluh taun blajar ga lancar-lancar ngomongnya

  21. Linda Karmila Sari says:

    senpai,,, aq mau tanya ,, ya,,,
    dulu, cita-citanya senpai mau jd pa,,??
    trus, wktu senpai kelas XI udah kepikiran ntar mau jadi pa gt,,??
    Kalau q sendiri, jujur msh bingung ya, ntar mau masuk mana, mau jadi pa,,, aq sendiri juga ga tau…
    trus, gmana carax biar kita mempunyai kepribadian yg mandiri,,,??
    jujur aja ya, q ini kepribadiannya ga mandiri sama sekali, trus klo mau ungkapkan pendapat dengan berbicara agak takut-takut, trus yg paling q nyesel kmrn, wktu ada orang nihonjin datang ke skloah q, dan q punya ksempatan untuk bicara sama mreka,, tepat orangx didepan q, udah hilang smua vocab jepang yg slama ini q hafalkan,,,
    bisakah senpai memberi q saran,,, ?? 🙂

    • madhand says:

      cita-cita gw? banyak. pas SD mau jd dokter, pas SMP mau jadi diplomat, pas SMA balik lg jd dokter, sempet jg pengen kerja di perminyakan, ganti lagi pengen jadi penulis. sama aj, gw taunya apa yg gw ga suka, msh blm tau apa yg gw suka.
      se-ga mandiri apa? gw juga kadang-kadang perlu minta bantuan orang lain, tp klo masih bisa gw usahain sendiri, buat apa minta tolong orang.
      klo itu sih perlu latihan. mkn sering-seringlah nyoba kluar dr zona nyaman lw, jangan terlalu khawatir

  22. Linda Karmila Sari says:

    Oh, gt ya senpai…
    sama dong, q jg punya cita-cita pengen jd dokter, hehehe :p
    oke ntar q mau coba bwt lebih berani lagi,,,,
    makasih senpai… 😀

  23. Linda Karmila Sari says:

    senpai mau tanya sepengetahuan senpai, selama beasiswa monbusho ini berlangsung, ada ga lulusan Sma tahun itu juga dapat beasiswa itu, atau tunggu jarak beberapa tahun dulu dia baru dapat beasiswa itu setelah lulus Sma ?

  24. Azzahra Azuka says:

    assalamualaikum kak, aku mau tanya nih..
    aku kan mau ikut yang thn ini keberangkatan 2013, dalam praseleksi alias seleksi dokumen, rapot terakhir itu semester 6 saja atau 5 juga ya? lalu masalah ijazah. maksud nilai rata2 di ijazah itu semua nilai (termasuk UN dan UAS dll dlm ijazah) nya kah yang dirata2kan? atau hanya rata2 nilai UN?
    dan seandainya tidak memenuhi dua2nya atau hanya salah satu dri rapot/ijazah saja yg memenuhi, aku boleh mengajukan diri?
    mohon bimbinganya ka
    terimakasih sblmnya

    • madhand says:

      Semester terakhir maksudnya semester 6. UN sama UAS, UN kan cuma 6 pelajaran doang. Ngajuin sih ngajuin aj,soal diterima atau ngga kan masalah nanti.

  25. S. Aisyah says:

    kaka, sy thn ini lulus dr salah satu SMK dgn profesi keahlian analis kimia, dan ternyata saya lolos seleksi sekolah untuk ikut jalur snmptn undangan, orangtua saya udah keukeuh bangt tuh ka pengen mengkuliahkan saya (alhamdulillah bgt sesuatuu :D), akhir.a sy daftar undangan di dua perguruan tinggi yg peluang menerima lulusan dr sekolah saya sangat besar (sekali malah) dengan penjurusan kimia.

    dan dan dan, sy br tw bbrp mg yg lalu klo ada program beasiswa jepang ini, menggiurkan bgt pengen ikut, pertanyaan muncul nih ka :
    klo sy keterima undangan gmn kaka ???
    ataukah bs melanjutkan studi di sana tp setahun pertama libur dulu kuliah (untuk intensif belajar bahasa jepang) ?

    mohon jawaban.a kakaa,
    trims 🙂

    • madhand says:

      Adek maunya apa dulu? Pengen kuliah ke jepang atau belajar di universitas? Ga bisa dua-duanya. Harus pilih salah satu. Kebanyakan penerima beasiswa monbu sebelumnya kuliah dulu di indo, setelah diterima monbu akhirnya ngundurin diri dari univnya. Klo misalnya diterima jalur snmptn undangan memangnya ga bisa ngundurin diri atau semacamnya?
      Sebaiknya dipikirkan lg baik-baik, smua kemungkinannya, untung-ruginya kuliah di tanah air atau di jepang. Diskusiin jg sama orang tua.

  26. Yovita Adj says:

    ka, saya tahun ini bkal lulus SMA n uda niat bgt utk ambil program beasiswa monbu yg S1.
    mau tanya2 dong, ttg pilihan universitas di jepang. Waktu pas proses seleksi, kk ngisi pilihan tempat studinya (kosen) g? atau ngisi pilihan Kosen waktu 1 tahun pertama blajar bhs jepang?
    terus, dari pengalaman sempai2, apakah pilihan mrk kebanyakan dikabulkan oleh MEXT?
    thx b4 k^^ sukses selalu 🙂

    • madhand says:

      klo S1 pilih sendiri, abis nyampe sini ikut tes smacam spmb. klo D3 (kosen) ga bisa pilih tempat studi mau di mana, nanti dipilihkan.

      • Yovita Adj says:

        Oh.. ok2, Thx y,
        bgus deh kl bgtu, hehehe… soalnya uda ad kecengan univny , kalo msk… (mskipun ketrima jg blom, wkwkwk)
        bbrp hari yg lalu sy dpt info beasiswa mitsui, jd coba apply ksana juga. Doain ketrima ya k ><

  27. jejeyeka says:

    baru baca…
    kata2nya memotivasi 🙂
    aku juga mau dan pasti ikut monbusho keberangkatan 2013 😀
    aku mau ambil S1 😀
    buat yg lain, ganbarimashou!!
    buat kak madhand: semoga kita ketemu di Tokyo Disneyland! XD aaahaha
    amiiiiin

  28. jokorahmanto says:

    menarik sekali baca postingan senpai… aku ucapin selamat senpai bisa dapetin beasiswa monbukagakusho…. sbnernya aq juga pengin ikutan thn 2012 ini…skrg aq msh hrs nunggu nilai un keluar… tp aq ga yakin ma nilai mat ma bio ku…. aku pengin tanya ma senpai… brp dulu nilai un senpai… apakah semua mapel yg di un-kan di atas 8.00 atau da yang kurang? plz tolong jwb yaw…

  29. Rii says:

    kak, aku mau tanya tentang pendapat kakak. gomen nih agak menyimpang. aku ini murid SMA. Impian ku adalah ingin melanjutkan study ke Jepang!! 😀 aku minta pendapat kakak. aku berniat untuk berbelok atau pindah ke jalan lain karna aku rasa jalan yg aku tapaki ini salah, aku tidak yakin bahwa aku bisa sampai pada tempat dimana impianku akan terwujud di jalan yg sekarang ini. aku pernah berpikir bahwa jalan yg sekarang ini benar, untuk apa aku berbelok.. akan ada banyak tantangan dan kesulitan yg akan aku temui nantinya. tapi pikiran bahwa jalan ku yg sekarang ini salah selalu datang. itu membuat aku yakin bahwa..ya..jalan ku yg sekarang ini salah. aku harus berbelok ke jalan yg lebih baik.
    menurut kakak, apa yg harus aku lakukan? apa aku berbelok saja? atau tetap pada jalan ini sementara aku tidak yakin? aku hanya takut kalau kalau aku akan menyesal karna tetap pada jalan ini, padahal aku tidak yakin. aku tidak yakin karna banyak faktor yg membuatku semakin merasa sulit sampai ke tempat dimana impianku berada di jalan yg sekarang.
    ok, sebelumnya arigatou. yoroshiku onegaishimasu! 🙂

    • madhand says:

      ngga ada jalan yg benar atau salah.
      kalau gw sih karena punya prinsip hidup cuma sekali, mikirnya kenapa hidup harus disia-siakan ngerjain hal yg ngga bisa bikin kita enjoy atau lebih baik. Ya syaratnya 2 itu, kalau gw enjoy gw lanjut, kalau gw ga enjoy tapi kerjaan yg di depan gw bisa bikin gw lebih baik, gw lanjut juga. Kalau ngga dua-duanya, baru deh belok.
      Pikirin aja baik-baik, apa impian kamu benar-benar itu. Soalnya kadang-kadang impian yg gw rasa gw cita-citakan, ternyata bukan yg bener-bener gw inginkan.

  30. n4v1 says:

    Mas, ngisi formulirnya pake bahasa Inggris apa Indonesia?
    Bahasa Inggris alakadarnya soalnya, khususnya buat ngisi pertanyaan alasan milih jurusan.

  31. Irma Andriani says:

    saya Irma, besok hari rabu saya akan tes wawancara program D2
    saya sudah lolos tes2 sebelumnya
    bisa sharing pengalamannya ga buat tes wawancara besok
    tips2 misalnya
    katanya kan ada tes bhs Inggris dan Jepangnya dulu ya? itu memang dinilai atau hanya formalitas aja
    apa benar pertanyaannya hanya seputar trivia saja?
    tidak ada pertanyaaan tentang pengetahuan?
    saya bener2 deg degan buat besok

  32. Rosana says:

    halo kak ..
    salam kenal sebelumnya.
    aku mau nanya ni kak,
    aku kan pengen banget beasiswa monbusho.,
    tapi kan proses seleksinya berjaln kira” stgh tahun.
    kalau aku mau ambil s1 , kan belum pasti dapat (berusaha sebisa mungkin dapat) sedangkan kebykn univ di Indonesia di mulai bulan Sept,
    jadi dulu kk ada cadagan lain gak?
    misalnya masuk univ negri atau swasta..
    makasi yh sebelum dan sesudahnya kak

    • madhand says:

      bukan cadangan lagi Ros, udah jalan kuliah satu setengah tahun. temen-temen yg lain jg pada kuliah dulu di Indo sebentar.
      plan B itu perlu

      • Rosana says:

        ow gtu yah kak, tapi klo uda lulus di jepang balek ke Indo langsung yah kak?
        soalnya mama blg klo balik mendingan gak usah pigi soalnya klo uda lulus disana di Indo susah dapat kerja karn minim pengalaman kerja.

        kak, waktu di wawancara ditanya ap aj?
        soalnya kata guruku agak ribet.
        makasi

      • madhand says:

        klo anak D3 biasanya pada lanjut smp S1 di sini. Senior yg lanjut smp S2 jg lumayan banyak. Abis kuliah ada yg kerja di sini. ada yg apply kerja di perusahaan sini tp nantinya ada yg kerja di Indo. kan banyak tuh perusahaan jepang di Indo. Ada jg yg kerja di perusahaan asing kyk di singapore, malaysia. Tergantung kesempatan sm kemampuan.

        Ga ribet kok wawancaranya. Pertanyaannya ga berat. Klo wawancara beasiswa begini sih yg penting kamu harus nunjukin aj motivasi dan antusiasme sm org yg di sana.

      • Rosana says:

        makasih yh sarannya kak.. tapi kan di formulir boleh pilih 3 jurusan bagusan milih yg mana aja kak? apalagi aku ips yg d3 kebanyakan jurusan ipa kak..
        thanks ya kak

      • madhand says:

        pilih tergantung minat kamu di mana.
        klo D3 semuanya berhubungan sama IPA

  33. azhana, PhG says:

    haha..
    lcu” pas bca komenya.!

    udh lah yg pnting lkkan yg trbaik utk hari ni dripda hnya memkirkan utk esok.! tnang smwnya da hikmahnya kok.!

    oia, gw llsn thn 2011 smpt nganggur setaon.. cz nglmr krj sna sni g d trima pngennya kulyh tpi blm da biaya. tapi tnang, skrg udh d trima kulyh di PTAIN yg d ciputat. hsil untung”an. 😀 crht dkit. 🙂
    gw jg thn dpan Insya Allah mo dftar kok.! tdi nya thn skrg jg mo dftr tpi tlat info 😀
    ntah knp gw ykin psti bs d trima. 😀
    #org aneh.!

    oia ka soal tesnya pa ja ya ka.?

  34. desy says:

    ka, aku desy. sekarang kelas XII, mau minta saran sarannya nih..
    aku ga pinter pinter banget, ya dapet ranking 18 dari 32 dikelas, menurut kaka lebih baik aku daftar beasiswa nya yang S1 atau D3 ya ka agar peluangnya lebih besar..
    so far, still trying to understand about japanese yea for me it’s hard to remember the language but i must go on ^^/ arigatou..

  35. Randi Hantoro says:

    kak, saya randi.. mau nanya<, sekarang saya juga ikut seleksi monbusho yang D3, saya udh di seleksi final, syukur lolos… saya udh kirim dokumen, tes, wawancara, dll.. setelah itu ada tes lg nggak ya? karena di email dr kedubes bilangnya udah: selamat bwt yang lolos…trus hal2 apa aja ya yang harus disiapin bwt ke jepangnya? nuhun kk…

  36. qubbyflamy says:

    kak, mau nanya. waktu kakak ikut monbu itu disuruh nulis alasan kenapa milih jurusan itugak? boleh minta saran : lebih baik nulis reason yang singkat,padat, fit sama spacenya gitu, atau kita bener-bener jabarin alasan kita secara gamblang, walaupun rada makan banyak tempat? gomen ngerepotin

    • madhand says:

      iya. nanti dikasih surat aplikasi sm kedubes. di sana kita musti nulis alasan knapa pilih jurusan. mending yg prtama, yg singkat padat & jelas.

  37. Randiハントロ says:

    saya randi, monbusho yang d3 udh pengumuman, syukur saya lolos. kira2 hal2 apa aja ya kak yang perlu disiapkan? pada saat kakak dulu, berangkat ke jepangnya bulan apa?

    • madhand says:

      wah, selamat ya. Ditunggu di sini. Dulu brangkat awal april. Persiapan pakaian, jaket dll, soalnya april masih dingin di tokyo. Dulu bawa buku sm makanan mcm indomie, sarden dll. Bawa laptop jg. Yg penting ga lebih dr syarat berat bagasi aj si. Lebih jg sbenerny gapapa, soalnya brngkt dlm grup, tp biar ga ngerepotin org lain mending pas aj bawa barangny.

  38. Abdul Qodir Ramdani says:

    Assalamualaikum … senpai tadinya saya mau ngambil s1 tpi kyaknya nilainya kurang untuk di raport sekitar 8,31 tapi klo ijazahnya lebih dari itu … tpi kalo ngambil d3 untuk jurusan fisika/kimia saya ngaku ampun deh alnya nilai fisika ma kimianya standar . trus klo ngambil d2 kira2 bgusnya jurusan mana ???

    • madhand says:

      klo pilih jurusan gt, liat minat sm kemampuan kamu di mana. Klo mampu, ga minat, bakal setengah2 akhirnya. Klo minat, ga mampu, repot jg nantinya.
      Liat aj pilihan jurusan2nya, sambil konsul ma kluarga & temen2 kamu.

  39. nauval says:

    pngumumannya januari?
    Lah,kalo misal daftar jg di PTN lain di indo,dan udah diterima.
    Gmana yg manbuso kalo msal d trima?

  40. Halo mau tanya donk,
    kalo untuk lintas jalur D3 ke S1 apa ada info beasiswa ya?
    mungkin ada info,
    terima kasih 🙂

    • madhand says:

      ada. Klo nilai pas D3nya bagus (nanti ada syarat minimum nilai), bisa dapat perpanjangan beasiswa 2 tahun sampai S1. Perpanjangan sampai S2 juga bisa, asal memenuhi syarat nilai.

      • Anwar says:

        Maaf senpai,
        aku mau tanya nih,
        dulu senpai daftar d3 monbu nilai rata2 UNnya berapa senpai ?
        Aku mau coba lagi tahun dpan stelah kmrin daftar s1 monbu g lolos,
        plis senpai ..
        D tunggu blasannya
        doumo arigatou

      • madhand says:

        Dulu itu sekitar 83.5. Tapi menurut gue asal rata2nya lebih dari 80 gapapa. Sama diliat juga nilai fisika atau kimianya bagus atau ga. Klo misalnya fisika lu 75 & kimia lu 82, gue nyaranin lu ngambil kimia aj.

  41. devina says:

    kak mau tanya kalo pas tes kakak belajarnya cuma dari soal2 sebelumnya? dan keluarnya hampir sama? tes inggrisnya banyak vocab baru gitu ga kak?
    perlu ikut les persiapan gitu kak/mirip snmptn/simak gitu?
    terimaksih kak 😀

    • madhand says:

      Dulu belajar dari soal2 taun sebelumnya. Tapi itu cukup atau ngga, kurang tau ya klo sekarang. Soalnya peminat beasiswa monbusho kayaknya lebih banyak dari jaman gue.
      Tapi pastinya lebih baik ngerjain soal2 taun sebelumnya, plus belajar yg lain jg.

  42. ISMARVELOUS says:

    mas boleh minta akun2 socmednya buat tanya tanya. twitter, fb, line, atau WA gt.. makasih sblmnya 🙂

  43. dev says:

    kak saya mau tanya nih soal-soal tesnya mirip snmptn/simak?
    inggrisnya gimana juga?
    kakak tau ada les persiapan buat beasiswa jepang?
    belajar dari soal taun lalu cukup?
    thanks kak 😀

    • madhand says:

      Klo mo tau tipe soalnya search aja di google, gue dulu ga ikut snmptn, jadi ga tau mirip atau ngganya.
      Dulu gue belajar dari soal taun-taun sebelumnya doang.

  44. Anwar says:

    Maaf senpai, mau tanya lagi
    setau senpai setelah belajar d kousen,
    jurusan kategori kimia disana apa aja ya ?

    • madhand says:

      Klo lulus seleksi monbusho D3, kalian bakal masuk jd siswa taun ke3 di kosen. Pas taun ke4, kalian disuruh pilih mo ambil course kimia material atau course biologi

  45. Juan Leonard says:

    Kak, saya barusan lolos tes tulis D3 , apakah seragam formal juga menentukan saat wawancara yak ? terus , tes bahasa inggrisnya apaan ? reading , atau toefl ( biar bisa siap )

    Terimakasih atas bantuannya kakak baik :3

  46. Michelle Zevinca says:

    kak,saya mau tanya ya..
    nilai rata-rata keseluruhannya itu dari SD-SMP-SMA ya? atau dari SMA doang?
    karena nilaiku pas kelas 1-5 SD itu berantakan..baru sadar dan punya motivasi belajar dan motivasi untuk kuliah di Jepang itu pas kelas 6..itu belom telat/udah telat kak? T_T
    sekarang aku juga fokus belajar Jepang kak..kira-kira keburu gak ya lulus JLPT semua level sampe aku mau ikut monbugakusho? T_T

    maaf kak pertanyaan kebanyakan..karena aku bener-bener punya tekad untuk belajar di sana..makasih kak atas kesabaran menjawabnya TvT

  47. hamzah says:

    ka mau tanya, aku rncna mau ambil d3.
    soal persyaratan.a apa hrs pandai berbahasa jepang? soalnya aku dr smk dan ga ngrti sama bhs jepang.
    please reply. thanks 🙂

  48. qubbyflamy says:

    kak, pengumuman yang s1 kira-kira kapan ya? gasabar dan deg2an ><

  49. anita says:

    misi kak,salam kenal saya anita,sekarang kelas xii..
    kak, untuk nilai rapot’a beneran semester terakhir (semester 6) kan? soalnya nilai kelas 1 dan 2 ku kurang..
    untuk lulusan smk nggak masalah kan?soal’a temanku pernah bilang untuk beasiswa yang s1 lebih baik yang lulusan sma,itu benar nggak y?
    kalo seandainya aku ambil snmptn,dan udah terdaftar sbg mahasiswa disalah satu univ. di indo.(sbg plan b aja sih).apa itu nggak apa2 y kak?nggak menyalahi aturan kan kalo saat itu juga sedang menjalani seleksi monbusho?
    mohon dijawab satu2 y kak
    maaf ngerepotin

  50. FAHRUL USMAN says:

    assalamualaikum
    kak saya hari selasa tgl 8 juli 2014 saya tes tertulis, tapi saya ambil D2 dan hanya mampu dalam menegrjakan matematika, tapi bahasa inggris saya sama sekali bs dibilang gak banyak tau dan lemah disitu. bagaimana solusinya kak seperti ini? matematika ok tp bahasa inggris gak ok. solusinya?

  51. mau nanya nih? dulu rata2 UN berapa ya? soalnya rada pesimis harus 8,5 keatas dan kenalan ane keterima aja rata2 UN nya 9,0. Dulu belajar mempersiapkannya dari kelas berapa, dan belajarnya dari mana aja sumbernya? pelajarin yg mana aja? thanks

    • madhand says:

      Kalau seleksi dokumen, seharusnya asal memenuhi syarat nilai bisa lolos.
      Persiapan tes, tiap orang berbeda, jadi sesuaikan kemampuan saja mau mulai kapan. Kalau soal bahannya, lihat contoh soal2 tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s